Minggu, 27 Januari 2013

Silabus Kelas VIII


Silabus PEMBELAJARAN



Sekolah                      : .................................
Kelas                          : VIII (Delapan)
Mata Pelajaran           : Matematika
Semester                    : I (satu)
ALJABAR
Standar Kompetensi : 1. Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi, dan persamaan garis lurus
Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian   Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
Contoh Instrumen
1.1 Melakukan operasi aljabar
Bentuk aljabar
Mendiskusikan hasil operasi tambah, kurang pada bentuk aljabar (pengulangan).
·   Menyelesaikan operasi tambah dan kurang pada bentuk aljabar.
Tes tertulis
Uraian
Berapakah:
 (2x + 3) + (-5x – 4)

2x40mnt
Buku teks
Mendiskusikan hasil operasi kali, bagi dan pangkat pada bentuk aljabar (pengulangan).
·   Menyelesaikan operasi kali, bagi dan pangkat pada bentuk aljabar
Tes tertulis
Uraian
Berapakah
(-x + 6)(6x – 2)
2x40mnt
1.2 Mengurai- kan bentuk aljabar ke dalam faktor-faktornya


Bentuk aljabar
Mendata faktor suku aljabar berupa konstanta atau variabel


·   Menentukan faktor suku aljabar
Tes lisan
Daftar pertanyaan
Sebutkan variabel pada bentuk  berikut:
1.   4x + 3
2.   2p – 5
3.   (5a – 6)(4a+1)
2x40mnt
Buku teks
Menentukan faktor-faktor bentuk aljabar dengan cara menguraikan bentuk aljabar tersebut.
·   Menguraikan bentuk aljabar ke dalam faktor-faktornya
Tes tertulis
Uraian
Faktorkanlah 6a - 3b + 12
2x40mnt
1.3 Memahami relasi dan fungsi



Relasi dan fungsi
Menyebutkan  hubungan yang merupakan suatu fungsi melalui masalah sehari-hari, misal hubungan antara nama kota dengan negara/propinsi, nama siswa dengan ukuran sepatu.
·   Menjelaskan dengan kata-kata dan menyatakan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan relasi dan fungsi
Tes lisan
Daftar pertanyaan
Berikan contoh dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan fungsi!
2x40mnt
Buku teks
Lingkungan


Menuliskan suatu fungsi menggunakan notasi 
·   Menyatakan suatu fungsi dengan notasi
Tes tertulis
Uraian
Harga gula 1 kg Rp 5600,00. Harga a kg gula  5600 a rupiah.Nyatakan dalam bentuk fungsi a !
2x40mnt
1.4 Menentu-kan nilai fungsi


Fungsi
Mencermati cara menghitung nilai fungsi dan menentukan nilainya.
·   Menghitung nilai fungsi
Tes tertulis
Isian singkat
Jika f(x) = 4x -2 maka nilai f(3)=
2x40mnt
Menyusun suatu fungsi jika nilai fungsi dan data fungsi diketahui
·   Menentukan bentuk fungsi jika nilai dan data fungsi diketahui
Tes tertulis
Uraian
Jika f(x) = px + q, f(1) = 3 dan
f(2) = 4,  tentukan f(x).
2x40mnt
1.5 Membuat sketsa gra-fik fungsi aljabar se-derhana pada sis-tem koor-dinat Car-tesius


Fungsi
Membuat  tabel pasangan antara nilai peubah dengan nilai fungsi

·   Menyusun tabel pasangan nilai peubah dengan nilai fungsi

Tes tertulis

Isian singkat

Diketahui f(x) = 2x + 3.
Lengkapilah tabel berikut:
X
0
1
2
3
f(x)




2x40mnt

Menggambar grafik fungsi aljabar dengan cara menentukan koordinat titik-titik pada sistem koordinat Cartesius.
·   Menggambar grafik fungsi pada koordinat Cartesius
Tes tertulis

Uraian

Dengan menggunakan tabel gambarlah grafik fungsi yang dinyatakan f(x) = 3x -2.
2x40mnt

1.6 Menentu- kan gradi-en, persa-maan dan grafik garis lurus.
Garis Lurus
Menemukan pengertian dan nilai gradien suatu garis dengan cara menggambar beberapa garis lurus pada kertas berpetak.
·   Menjelaskan pengertian dan menentukan gradien garis lurus dalam berbagai bentuk
Tes tertulis
Uraian
Disajikan gambar beberapa garis pada kertas berpetak. Tentukan gradien garis-garis tersebut!
2x40mnt
Menemukan cara menentukan persamaan garis yang melalui dua titik dan melalui satu titik dengan gradien tertentu
·   Menentukan persamaan garis lurus yang melalui dua titik dan melalui satu titik dengan gradien tertentu
Tes tertulis
Uraian
Persamaan garis yang melalui titik (2,3) dan mempunyai gradien 2 adalah . .
2x40mnt
Menggambar garis lurus jika
-  melalui dua titik
-  melalui satu titik dengan gradien tertentu
-  persamaan garisnya diketahui.
·   Menggambar grafik garis lurus
Tes tertulis
Uraian
Gambarlah garis lurus dengan persamaan y = 2x - 4
2x40mnt
v  Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )

Silabus PEMBELAJARAN



Sekolah                      : .................................
Kelas                          : VIII (Delapan)
Mata Pelajaran           : Matematika
Semester                    : I (satu)
Standar Kompetensi : 2. Memahami sistem persamaan linear dua variabel  dan menggunakannya dalam pemecahan masalah

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian   Kompetensi 
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
Contoh Instrumen
2.1 Menyele-saikan sis-tem persa-maan line-ar dua va-riabel


Sistem Persamaan Linear Dua variabel
Mendiskusikan pengertian PLDV dan SPLDV


·   Menyebutkan perbedaan PLDV dan SPLDV




Tes lisan
Uraian
Perhatikan bentuk   4x + 2 y = 2
                                   x – 2y = 4
a.   Apakah merupakan sistem
     persamaan?
b.   Ada berapa variabel?
c.    Apa variabelnya?
d. Disebut apakah bentuk tersebut?
2x40mnt
Buku teks dan lingkungan
Mengidentifikasi SPLDV dalam berbagai bentuk dan variabel
·   Menjelaskan SPLDV dalam berbagai bentuk dan variabel


Tes tertulis
Isian singkat
Manakah yang merupakan SPLDV?
a.        4x + 2y = 2
        x – 2y = 4
b.        4x + 2y   2
        x – 2y = 4
c.   4x + 2y >  2
        x – 2y = 4
d.        4x + 2y – 2 = 0
        x – 2y – 4 = 0
2x40mnt
Menyelesaikan SPLDV dengan cara substitusi dan eliminasi
·   Menentukan akar SPLDV dengan substitusi dan eliminasi
Tes tertulis
Uraian
Selesaikan SPLDV berikut ini:
3x – 2y = -1
-x + 3y = 12
2x40mnt
2.2 Membuat ma-tematika dari masa-lah yang berkaitan dengan sistem per-samaan linear dua variabel

Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
Mengubah masalah sehari-hari ke dalam matematika berbentuk SPLDV


·   Membuat matematika dari masalah sehari-hari yang berkaitan dengan SPLDV
Tes tertulis
Uraian
Harga 4 pensil dan 5 buku  tulis Rp19 000,00 sedangkan harga 3 pensil dan 4 buku tulis Rp15 000,00. Tulislah matematikanya.
2x40mnt
2.3   Menyele-saikan mo-del mate-matika dari masalah yang ber-kaitan dengan sistem per-samaan linear dua variabel dan penaf-sirannya
Sistem
Persamaan Linear Dua Variabel
Mencari penyelesaian suatu masalah  yang dinyatakan dalam matematika dalam bentuk SPLDV

·   Menyelesaikan matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel dan penafsirannya
Tes tertulis
Uraian
Selesaikan SPLDV berikut:
     2x + 3y = 8
     5x  - 2y =1
2x40mnt

Menggunakan grafik garis lurus untuk menyelesaikan matematika yang berkaitan dengan SPLDV dan menafsirkan hasilnya

·   Menyelesaikan SPLDV dengan menggunakan grafik garis lurus
Tes tertulis
Uraian
Selesaikan SPLDV
 4x + 5y = 19
 3x + 4y = 15 
dengan menggunakan grafik garis lurus dan merupakan apakah hasilnya?
4x40mnt
v  Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )


Silabus PEMBELAJARAN



Sekolah                      : .................................
Kelas                          : VIII (Delapan)
Mata Pelajaran           : Matematika
Semester                    : I (satu)
GEOMETRI DAN PENGUKURAN
Standar Kompetensi : 3. Menggunakan Teorema Pythagoras dalam pemecahan masalah
Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
Contoh Instrumen
3.1   Menggu-nakan Teorema Pythago-ras untuk menentu-kan pan-jang sisi-sisi segi-tiga siku-siku.
Teorema Pythagoras
Menemukan Teorema Pythagoras dengan menggunakan persegi-persegi.
·   Menemukan Teorema Pythagoras


Tes tertulis

Uraian

Panjang sisi siku-siku suatu segitiga adalah a cm dan b cm, dan panjang sisi miring c cm. Tuliskan hubungan antara a, b, dan c.
2x40mnt
Buku teks, kertas berpetak, Pythagoras
Menuliskan rumus Teorema Pythagoras pada segitiga siku-siku.
·   Menghitung panjang sisi segitiga siku-siku jika dua sisi lain diketahui.
Tes tertulis
Uraian
Panjang salah satu sisi segitiga siku-siku 12 cm, dan panjang sisi miringnya 13 cm. Hitunglah panjang sisi siku-siku yang lain.
2x40mnt
Menerapkan Teorema Pythagoras pada segitiga siku-siku dengan sudut istimewa

·   Menghitung perbandingan sisi sisi segitiga siku-siku istimewa (salah satu sudutnya 300, 450, 600)

Tes tertulis
Uraian
Segitiga ABC siku-siku di B. Sudut A = 300 dan panjang AC = 6 cm. Hitunglah panjang sisi AB dan BC.
4x40mnt
3.2 Memecah-kan masa-lah pada bangun datar yang berkaitan dengan Teorema Pythago-ras.
Teorema Pythagoras
Mencari perbandingan sisi-sisi segitiga siku-siku istimewa dengan menggunakan teorema Pythagoras

·   Menghitung perbandingan sisi-sisi segitiga siku-siku istimewa
Tes tertulis
Uraian
Suatu segitiga ABC siku-siku di B dengan besar sudut A = 300, dan panjang AB=c cm
Hitung panjang sisi-sisi BC dan AC.
2x40mnt
Menggunakan teorema Pythagoras untuk menghitung panjang diagonal, sisi, pada bangun datar, misal persegi, persegipanjang, belah- ketupat, dsb
·   Menghitung panjang diagonal pada bangun datar, misal persegi, persegipanjang, belah- ketupat, dsb
Tes tertulis
Uraian
Persegipanjang mempunyai panjang 8 cm dan lebar 6 cm. Hitunglah panjang diagonalnya.
6x40mnt
v  Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )




Mengetahui,
Kepala SMP/MTs …………….



( ......................................................... )
NIP/NIK :…………..……………….

........., ......, ............... 20...
Guru Mapel Matematika.



( ............................................ )
NIP/NIK :…….…………….


Tidak ada komentar:

Posting Komentar