Silabus PEMBELAJARAN
Sekolah :
.................................
Kelas : VIII (Delapan)
Mata Pelajaran :
Matematika
Semester : I (satu)
ALJABAR
Standar Kompetensi : 1. Memahami
bentuk aljabar, relasi, fungsi, dan persamaan garis lurus
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
|||||||||||
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh Instrumen
|
|||||||||||||||
1.1 Melakukan operasi aljabar
|
Bentuk
aljabar
|
Mendiskusikan
hasil operasi tambah, kurang pada bentuk aljabar (pengulangan).
|
·
Menyelesaikan
operasi tambah dan kurang pada bentuk aljabar.
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Berapakah:
(2x + 3) + (-5x – 4)
|
2x40mnt
|
Buku
teks
|
|||||||||
Mendiskusikan
hasil operasi kali, bagi dan pangkat pada bentuk aljabar (pengulangan).
|
·
Menyelesaikan
operasi kali, bagi dan pangkat pada bentuk aljabar
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Berapakah
(-x +
6)(6x – 2)
|
2x40mnt
|
||||||||||||
1.2 Mengurai- kan bentuk aljabar ke
dalam faktor-faktornya
|
Bentuk
aljabar
|
Mendata
faktor suku aljabar berupa konstanta atau variabel
|
·
Menentukan
faktor suku aljabar
|
Tes lisan
|
Daftar pertanyaan
|
Sebutkan
variabel pada bentuk berikut:
1.
4x + 3
2.
2p – 5
3.
(5a – 6)(4a+1)
|
2x40mnt
|
Buku
teks
|
|||||||||
Menentukan
faktor-faktor bentuk aljabar dengan cara menguraikan bentuk aljabar tersebut.
|
·
Menguraikan
bentuk aljabar ke dalam faktor-faktornya
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Faktorkanlah
6a - 3b + 12
|
2x40mnt
|
||||||||||||
1.3 Memahami relasi dan fungsi
|
Relasi
dan fungsi
|
Menyebutkan hubungan yang merupakan suatu fungsi
melalui masalah sehari-hari, misal hubungan antara nama kota dengan negara/propinsi,
nama siswa dengan ukuran sepatu.
|
·
Menjelaskan
dengan kata-kata dan menyatakan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan
relasi dan fungsi
|
Tes lisan
|
Daftar pertanyaan
|
Berikan
contoh dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan fungsi!
|
2x40mnt
|
Buku
teks
Lingkungan
|
|||||||||
|
|
Menuliskan
suatu fungsi menggunakan notasi
|
·
Menyatakan
suatu fungsi dengan notasi
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Harga
gula 1 kg Rp 5600,00. Harga a kg gula
5600 a rupiah.Nyatakan dalam bentuk fungsi a !
|
2x40mnt
|
||||||||||
1.4 Menentu-kan nilai fungsi
|
Fungsi
|
Mencermati
cara menghitung nilai fungsi dan menentukan nilainya.
|
·
Menghitung
nilai fungsi
|
Tes tertulis
|
Isian singkat
|
Jika
f(x) = 4x -2 maka nilai f(3)=
|
2x40mnt
|
||||||||||
Menyusun
suatu fungsi jika nilai fungsi dan data fungsi diketahui
|
·
Menentukan
bentuk fungsi jika nilai dan data fungsi diketahui
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Jika f(x) = px + q, f(1) = 3 dan
f(2) =
4, tentukan f(x).
|
2x40mnt
|
||||||||||||
1.5 Membuat sketsa gra-fik fungsi
aljabar se-derhana pada sis-tem koor-dinat Car-tesius
|
Fungsi
|
Membuat tabel pasangan antara nilai peubah dengan
nilai fungsi
|
·
Menyusun tabel
pasangan nilai peubah dengan nilai fungsi
|
Tes tertulis
|
Isian singkat
|
Diketahui
f(x) = 2x + 3.
Lengkapilah
tabel berikut:
|
2x40mnt
|
||||||||||
Menggambar
grafik fungsi aljabar dengan cara menentukan koordinat titik-titik pada
sistem koordinat Cartesius.
|
·
Menggambar
grafik fungsi pada koordinat Cartesius
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Dengan
menggunakan tabel gambarlah grafik fungsi yang dinyatakan f(x) = 3x -2.
|
2x40mnt
|
||||||||||||
1.6 Menentu- kan gradi-en, persa-maan
dan grafik garis lurus.
|
Garis
Lurus
|
Menemukan
pengertian dan nilai gradien suatu garis dengan cara menggambar beberapa
garis lurus pada kertas berpetak.
|
·
Menjelaskan
pengertian dan menentukan gradien garis lurus dalam berbagai bentuk
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Disajikan
gambar beberapa garis pada kertas berpetak. Tentukan gradien garis-garis tersebut!
|
2x40mnt
|
||||||||||
Menemukan
cara menentukan persamaan garis yang melalui dua titik dan melalui satu titik
dengan gradien tertentu
|
·
Menentukan
persamaan garis lurus yang melalui dua titik dan melalui satu titik dengan
gradien tertentu
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Persamaan
garis yang melalui titik (2,3) dan mempunyai gradien 2 adalah . .
|
2x40mnt
|
||||||||||||
Menggambar
garis lurus jika
- melalui dua titik
- melalui satu titik dengan gradien tertentu
- persamaan garisnya diketahui.
|
·
Menggambar
grafik garis lurus
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Gambarlah
garis lurus dengan persamaan y = 2x - 4
|
2x40mnt
|
||||||||||||
v Karakter siswa
yang diharapkan : Disiplin ( Discipline
)
Rasa hormat dan perhatian ( respect
)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
|
Silabus PEMBELAJARAN
Sekolah :
.................................
Kelas : VIII (Delapan)
Mata Pelajaran :
Matematika
Semester : I (satu)
Standar Kompetensi : 2. Memahami
sistem persamaan linear dua variabel dan
menggunakannya dalam pemecahan masalah
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh Instrumen
|
||||||
2.1 Menyele-saikan sis-tem persa-maan line-ar dua
va-riabel
|
Sistem
Persamaan Linear Dua variabel
|
Mendiskusikan
pengertian PLDV dan SPLDV
|
·
Menyebutkan
perbedaan PLDV dan SPLDV
|
Tes lisan
|
Uraian
|
Perhatikan
bentuk 4x + 2 y = 2
x – 2y = 4
a. Apakah
merupakan sistem
persamaan?
b. Ada berapa
variabel?
c. Apa
variabelnya?
d.
Disebut apakah bentuk tersebut?
|
2x40mnt
|
Buku
teks dan lingkungan
|
Mengidentifikasi
SPLDV dalam berbagai bentuk dan variabel
|
·
Menjelaskan
SPLDV dalam berbagai bentuk dan variabel
|
Tes tertulis
|
Isian singkat
|
Manakah
yang merupakan SPLDV?
a.
4x + 2y = 2
x – 2y = 4
b.
4x + 2y ≤ 2
x – 2y = 4
c. 4x + 2y
> 2
x – 2y = 4
d.
4x + 2y – 2 = 0
x – 2y – 4
= 0
|
2x40mnt
|
|||
Menyelesaikan
SPLDV dengan cara substitusi dan eliminasi
|
·
Menentukan akar
SPLDV dengan substitusi dan eliminasi
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Selesaikan SPLDV berikut ini:
3x – 2y = -1
-x + 3y = 12
|
2x40mnt
|
|||
2.2 Membuat ma-tematika dari masa-lah
yang berkaitan dengan sistem per-samaan linear dua variabel
|
Sistem
Persamaan Linear Dua Variabel
|
Mengubah
masalah sehari-hari ke dalam matematika berbentuk SPLDV
|
·
Membuat
matematika dari masalah sehari-hari yang berkaitan dengan SPLDV
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Harga 4
pensil dan 5 buku tulis Rp19 000,00
sedangkan harga 3 pensil dan 4 buku tulis Rp15 000,00. Tulislah matematikanya.
|
2x40mnt
|
|
2.3 Menyele-saikan
mo-del mate-matika dari masalah yang ber-kaitan dengan sistem per-samaan
linear dua variabel dan penaf-sirannya
|
Sistem
Persamaan
Linear Dua Variabel
|
Mencari
penyelesaian suatu masalah yang
dinyatakan dalam matematika dalam bentuk SPLDV
|
·
Menyelesaikan
matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua
variabel dan penafsirannya
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Selesaikan
SPLDV berikut:
2x + 3y = 8
5x - 2y =1
|
2x40mnt
|
|
Menggunakan
grafik garis lurus untuk menyelesaikan matematika yang berkaitan dengan SPLDV
dan menafsirkan hasilnya
|
·
Menyelesaikan
SPLDV dengan menggunakan grafik garis lurus
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Selesaikan SPLDV
4x + 5y = 19
3x + 4y = 15
dengan
menggunakan grafik garis lurus dan merupakan apakah hasilnya?
|
4x40mnt
|
|||
v Karakter siswa
yang diharapkan : Disiplin ( Discipline
)
Rasa hormat dan perhatian ( respect
)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
|
Silabus PEMBELAJARAN
Sekolah :
.................................
Kelas : VIII (Delapan)
Mata Pelajaran :
Matematika
Semester : I (satu)
GEOMETRI DAN
PENGUKURAN
Standar
Kompetensi : 3. Menggunakan
Teorema Pythagoras dalam pemecahan masalah
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh Instrumen
|
||||||
3.1 Menggu-nakan Teorema Pythago-ras untuk
menentu-kan pan-jang sisi-sisi segi-tiga siku-siku.
|
Teorema
Pythagoras
|
Menemukan
Teorema Pythagoras dengan menggunakan persegi-persegi.
|
·
Menemukan
Teorema Pythagoras
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Panjang
sisi siku-siku suatu segitiga adalah a cm dan b cm, dan panjang sisi miring c
cm. Tuliskan hubungan antara a, b, dan c.
|
2x40mnt
|
Buku teks, kertas berpetak, Pythagoras
|
Menuliskan
rumus Teorema Pythagoras pada segitiga siku-siku.
|
·
Menghitung
panjang sisi segitiga siku-siku jika dua sisi lain diketahui.
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Panjang
salah satu sisi segitiga siku-siku 12 cm, dan panjang sisi miringnya 13 cm.
Hitunglah panjang sisi siku-siku yang lain.
|
2x40mnt
|
|||
Menerapkan
Teorema Pythagoras pada segitiga siku-siku dengan sudut istimewa
|
·
Menghitung
perbandingan sisi sisi segitiga siku-siku istimewa (salah satu sudutnya 300,
450, 600)
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Segitiga
ABC siku-siku di B. Sudut A = 300 dan panjang AC = 6 cm. Hitunglah
panjang sisi AB dan BC.
|
4x40mnt
|
|||
3.2 Memecah-kan masa-lah pada bangun datar yang berkaitan
dengan Teorema Pythago-ras.
|
Teorema
Pythagoras
|
Mencari
perbandingan sisi-sisi segitiga siku-siku istimewa dengan menggunakan teorema
Pythagoras
|
·
Menghitung
perbandingan sisi-sisi segitiga siku-siku istimewa
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Suatu
segitiga ABC siku-siku di B dengan besar sudut A = 300, dan
panjang AB=c cm
Hitung
panjang sisi-sisi BC dan AC.
|
2x40mnt
|
|
Menggunakan
teorema Pythagoras untuk menghitung panjang diagonal, sisi, pada bangun
datar, misal persegi, persegipanjang, belah- ketupat, dsb
|
·
Menghitung
panjang diagonal pada bangun datar, misal persegi, persegipanjang, belah- ketupat,
dsb
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Persegipanjang
mempunyai panjang 8 cm dan lebar 6 cm. Hitunglah
panjang diagonalnya.
|
6x40mnt
|
|||
v Karakter siswa
yang diharapkan : Disiplin ( Discipline
)
Rasa hormat dan perhatian ( respect
)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
|
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs …………….
( ......................................................... )
NIP/NIK :…………..……………….
|
|
........., ......, ............... 20...
Guru Mapel Matematika.
( ............................................ )
NIP/NIK :…….…………….
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar