PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA
DENGAN PEMBERIANTES APERSEPSI SECARA TERTULIS DAN TIDAK PADA SISWA KELAS VIII
SMP 1 BATIPUH TAHUN PELAJARAN 2012/2013
PROPOSAL
Diajukan untuk memenuhi tugas terstruktur pada mata kuliah metodologi penelitian pendidikan dan
pengajaran matematika
Oleh:
ERMALINDA
(2408.087)
Dosen :
M.IMAMUDDIN, M.Pd
JURUSAN TARBIYAH PROGRAM STUDI MATEMATIKA
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN)
SJECH M.DJAMIL DJAMBEK
BUKITTINGGI
1433H/2013M
KATA
PENGANTAR
Puji syukur penulis ucapkan kehadirat Allah yang telah
melimpahkan rahmat dan karunia-Nya, sehingga penulis telah dapat menyelesaikan
peoposal yang berjudul “Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan
Pemberian Tes Apersepsi Secara Tertulis Dan Tidak Pada Siswa Kelas VIII SMP 1
Batipuh Tahun Pelajaran 2012/2013”.
Penulis mengujakan terima kasih kepada :
1.
Bapak Imamuddin, Mpd selaku dosen metodologi
penelitian pendidikan dan pengajaran matematika.
2.
Orang tua dan pihak lain yang berpartisipasi
dalam menyelesaikan proposal pada tugas MP3M ini.
Semoga bantuan, dorangan serta do’a dan ilmu yang
diberikan kepada penulis mendapat balasan yang berlipat ganda dari Allah SWT.
Penulis menyadari keterbatasan ilmu dimiliki penulis,
sehingga masih banyak terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan ini.
Oleh karena itu penulis mengharapkan kritikan dan saran yang membangun dari
pembaca. Dengan kerendahan hati penulis berharap semoga tugas ini bermamfaat
bagi yang membaca, Aamiin.
Akhir kata penulis mohon maaf yang setulus-tulusnya
kepda semua pihak yang ikut membantu penyelesaian proposal ini, jika ada
kata-kata atau perbuatan yang tidak semestinya. Atas kesediaannya penulis ucapkan
terima kasih.
Bukittinggi,
Januari 2013
Penulis
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Matemaika
merupakan salah satu cabangilmu pengetahuan yang mempunyai peranan penting
dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Matematika juga
mempunyai peran penting dalam berbagai pekerjaan.
Mengingat pentingnya
matematika, maka pemerintah selalu mengusahakan agar pembelajaran matematika di
SD, SMP (sederajat),SMA (sederajat), perguruan tinggi lebih baik dari masa-masa
sebelumnya. Oleh karena ituguru haruslah menguasai materi dan teknik pembelajaran, guru haruslah
mampu mendidik dan melatih siswanya dalam belajar agar tujuan pengajaran
matematika dapat tercapai.
Dalam proses
belajar mengajar tidak setiap bahan pelajaran dapat menarik perhatian siswa,
karena itu diperlukan kecakapan guru untuk dapat memberikan motivasi serta
dapat membangkitkan minat dan perhatian siswa adalah dengan memberikan tes
secara teratur.
Dengan
memberikan tes secara teratur diharapkan perhatian siswa tertuju dan terpusat
pada bahan pelajaran yang akan diajarkan. Salah satu tes yang dapat diberikan
adalah tes Apersepsi secara tertulis yaitu tes mengenai materi yang lalu yang
berkaitan dengan pelajaran yang akan diajarkan. Dengan diadakan tes ini,
diharapkan siswa sudah belajar terlebih dahulu dirumahnya. Tes apersepsi ini
dilaksanakan pada awal pertemuan sekitar 15 menit sebelum guru menerangkan
materi berikutnya.
Dari uraian di
atas maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN PEMBERIAN TES
APERSEPSI SECARA TERTULIS DAN TIDAK PADA SISWA KELAS VIII SMP 1 BATIPUH”
B.
Rumusan Masalah
Berdasarkan
latar belakang di atas maka dapat dimasukkan kesimpulan penelitian ini
yaitu “apakah terdapat perbedaan hasil
belajar matematika siswa antara yang diberi tes apersepsi secara tertulis dan
tidak pada siswa kelas”
C.
Pembatasan
Masalah
Agar
masalah yang di teliti lebih terarah dan dapat mencapai tujuan makah masalah
ini dibatasi sebagai berikut:
1.
Penelitian
dilakukan pada siswa kelas...
2.
Pokok bahasan
yang teliti adalah...
3.
Pemberian tes
apersepsi dilakukan setiap kali tatap muka sebelum sebelum masuk pada materi
pelajaran selanjutnya
4.
Tes apersepsi
secara tertulis dilakukan pada kelas eksperimen sedangkan pada kelas kontrol
tidak.
D.
Asumsi
Landasan
pemikiran yang bisa di jadikan asumsi dalam penelitian adalah:
1.
Setiap siswa
mendapatkan kesempatan belajar yang sama dalam proses belajar mengajar.
2.
Setiap siswa
mengerjakan soal yang diberikan sesuai dengan pengetahuan yang dimiliki siswa.
3.
Hasil tes
menggambarkan tingkat kemampuan siswa
E.
Tujuan
Penelitian
Tujuan
penelitian ini adalah untuk melihat hasil belajar siswa setelah diberikan tes
apersepsi secara tertulis dan tidak pada siswa...
F.
Mamfaat
Penelitian
Mamfaat
penelitian disini adalah:
1.
Bahan
pertimbangan bagi guru, khususnya siswa kelas....dalam melaksanakan penelitian.
2.
Sumbangan
pikiran bagi dunia pendidikan secara tertulis dapat merupakan strategi untuk
dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa
3.
Sebagai
informasi bagi pembaca tentang apersepsi dalam pembelajaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar