Kamis, 17 Januari 2013

PROPOSAL BAB I



PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN PEMBERIANTES APERSEPSI SECARA TERTULIS DAN TIDAK PADA SISWA KELAS VIII SMP 1 BATIPUH TAHUN PELAJARAN 2012/2013

PROPOSAL
Diajukan untuk memenuhi tugas terstruktur pada mata kuliah metodologi penelitian pendidikan dan pengajaran matematika


Oleh:
ERMALINDA
(2408.087)
Dosen  :
M.IMAMUDDIN, M.Pd

JURUSAN TARBIYAH PROGRAM STUDI MATEMATIKA
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN)
SJECH M.DJAMIL DJAMBEK
BUKITTINGGI
1433H/2013M





KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis ucapkan kehadirat Allah yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya, sehingga penulis telah dapat menyelesaikan peoposal yang berjudul “Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Pemberian Tes Apersepsi Secara Tertulis Dan Tidak Pada Siswa Kelas VIII SMP 1 Batipuh Tahun Pelajaran 2012/2013”.
Penulis mengujakan terima kasih kepada :
1.       Bapak Imamuddin, Mpd selaku dosen metodologi penelitian pendidikan dan pengajaran matematika.
2.       Orang tua dan pihak lain yang berpartisipasi dalam menyelesaikan proposal pada tugas MP3M ini.
Semoga bantuan, dorangan serta do’a dan ilmu yang diberikan kepada penulis mendapat balasan yang berlipat ganda dari Allah SWT.
Penulis menyadari keterbatasan ilmu dimiliki penulis, sehingga masih banyak terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan ini. Oleh karena itu penulis mengharapkan kritikan dan saran yang membangun dari pembaca. Dengan kerendahan hati penulis berharap semoga tugas ini bermamfaat bagi yang membaca, Aamiin.
Akhir kata penulis mohon maaf yang setulus-tulusnya kepda semua pihak yang ikut membantu penyelesaian proposal ini, jika ada kata-kata atau perbuatan yang tidak semestinya. Atas kesediaannya penulis ucapkan terima kasih.

Bukittinggi,   Januari 2013

                                                                                                             Penulis



BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang
Matemaika merupakan salah satu cabangilmu pengetahuan yang mempunyai peranan penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Matematika juga mempunyai peran penting dalam berbagai pekerjaan.
Mengingat pentingnya matematika, maka pemerintah selalu mengusahakan agar pembelajaran matematika di SD, SMP (sederajat),SMA (sederajat), perguruan tinggi lebih baik dari masa-masa sebelumnya. Oleh karena ituguru haruslah menguasai  materi dan teknik pembelajaran, guru haruslah mampu mendidik dan melatih siswanya dalam belajar agar tujuan pengajaran matematika dapat tercapai.
Dalam proses belajar mengajar tidak setiap bahan pelajaran dapat menarik perhatian siswa, karena itu diperlukan kecakapan guru untuk dapat memberikan motivasi serta dapat membangkitkan minat dan perhatian siswa adalah dengan memberikan tes secara teratur.
Dengan memberikan tes secara teratur diharapkan perhatian siswa tertuju dan terpusat pada bahan pelajaran yang akan diajarkan. Salah satu tes yang dapat diberikan adalah tes Apersepsi secara tertulis yaitu tes mengenai materi yang lalu yang berkaitan dengan pelajaran yang akan diajarkan. Dengan diadakan tes ini, diharapkan siswa sudah belajar terlebih dahulu dirumahnya. Tes apersepsi ini dilaksanakan pada awal pertemuan sekitar 15 menit sebelum guru menerangkan materi berikutnya.
Dari uraian di atas maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul  PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN PEMBERIAN TES APERSEPSI SECARA TERTULIS DAN TIDAK PADA SISWA KELAS VIII SMP 1 BATIPUH”
B.     Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas maka dapat dimasukkan kesimpulan penelitian ini yaitu  “apakah terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa antara yang diberi tes apersepsi secara tertulis dan tidak pada siswa kelas”
C.      Pembatasan Masalah
Agar masalah yang di teliti lebih terarah dan dapat mencapai tujuan makah masalah ini dibatasi sebagai berikut:
1.                      Penelitian dilakukan pada siswa kelas...
2.                      Pokok bahasan yang teliti adalah...
3.                      Pemberian tes apersepsi dilakukan setiap kali tatap muka sebelum sebelum masuk pada materi pelajaran selanjutnya
4.                      Tes apersepsi secara tertulis dilakukan pada kelas eksperimen sedangkan pada kelas kontrol tidak.
D.      Asumsi
Landasan pemikiran yang bisa di jadikan asumsi dalam penelitian adalah:
1.      Setiap siswa mendapatkan kesempatan belajar yang sama dalam proses belajar mengajar.
2.      Setiap siswa mengerjakan soal yang diberikan sesuai dengan pengetahuan yang dimiliki siswa.
3.      Hasil tes menggambarkan tingkat kemampuan siswa
E.       Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat hasil belajar siswa setelah diberikan tes apersepsi secara tertulis dan tidak pada siswa...
F.       Mamfaat Penelitian
Mamfaat penelitian disini adalah:
1.      Bahan pertimbangan bagi guru, khususnya siswa kelas....dalam melaksanakan penelitian.
2.      Sumbangan pikiran bagi dunia pendidikan secara tertulis dapat merupakan strategi untuk dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa
3.      Sebagai informasi bagi pembaca tentang apersepsi dalam pembelajaran.
 













Tidak ada komentar:

Posting Komentar