RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
(tugas akhir mata kuliah perencanaan pembelajaran
matematika )
Satuan
pendidikan : SMP
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas : VIII (Delapan)
Semester : 1
(Satu)
Oleh:
ERMALINDA (2410. 087)
Dosen :
M.IMAMUDDIN, M.Pd
Jurusan Tarbiyah
Program Studi Pendidikan Matematika
Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN)
Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
2012/2013
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
I.
Identitas pendidikan
Satuan pendidikan : SMP
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas : VIII (Delapan)
Semester : 1
(Satu)
Alokasi Waktu : 8 jam pelajaran (4 pertemuan).
Standar Kompetensi : 2.Memahami sistem persamaan linear dua variabel dan menggunakannya dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar : 2.1.Menyelesaikan sistem persamaan linear dua
variabel.
Indikator : 1. Menyebutkan
perbedaan persamaan linear dua variable (PLDV) dan sistem
persamaan linear dua variabel (SPLDV).
2. Mengenal system persamaan linear dua variable dalam berbagai bentuk dan variable.
3. Menentukan himpunan penyelesaian (akar) dari SPLDV dengan metode grafik, substitusi,
dan eliminasi.
A. Tujuan Pembelajaran
-
Pertemuan Pertama, Kedua,
Ketiga, dan Keempat :
a. Peserta didik dapat menyebutkan perbedaan
persamaan linear dua variabel (PLDV) dan sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV).
b. Siswa dapat mengenal
system persamaan linear dua variable dalam berbagai bentuk dan
variable
c. Peserta didik dapat menentukan himpunan
penyelesaian dari SPLDV berturut-turut dengan metode grafik, substitusi, dan
eliminasi.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat
dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung
jawab ( responsibility )
II.
Materi Ajar
A. Pengertian SPLDV
Untuk memahami pengertian dan konsep dasar SPLDV, ada baiknya
mengulang kembali materi tentang persamaan linear satu variabel. Pelajarilah
uraian berikut secara saksama.
Di Kelas VII, telah dipelajari materi tentang
persamaan linear satu variabel. Perhatikan bentuk-bentuk persamaan berikut.
Bentuk-bentuk persamaan tersebut
memiliki satu variabel yang belum diketahui nilainya. Bentuk persamaan seperti
inilah yang dimaksud dengan linear satu variabel.
2. Persamaan Linear Dua Variabel
Telah dipelajari dan memahami persamaan linear satu
variabel. Materi tersebut akan membantu untuk memahami persamaan linear dua
variabel. Coba perhatikan bentuk-bentuk persamaaan berikut.
Persamaan-persamaan tersebut memiliki
dua variabel yang belum diketahui nilainya. Bentuk inilah yang dimaksud dengan
persamaan linear dua variabel. Jadi, persamaan dua variabel adalah persamaan
yang hanya memiliki dua variabel dan masing-masing variabel berpangkat satu.
3.
Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
Coba kamu perhatikan bentuk-bentuk persamaan linear dua variabel
berikut.
Dari uraian tersebut terlihat bahwa
masing-masing memiliki dua buah persamaan linear dua variabel. Bentuk inilah
yang dimaksud dengan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Berbeda
dengan persamaan dua variabel, SPLDV memiliki penyelesaian atau himpunan
penyelesaian yang harus memenuhi kedua persamaan linear dua variabel tersebut.
B. Penyelesaian SPLDV
Untuk menentukan
penyelesaian atau akar dari SPLDV dapat ditentukan dengan 3
cara, yaitu metode grafik, metode substitusi, metode eliminasi.
1. Metode grafik
Prinsip dari metode grafik yaitu mencari koordinat
titik potong grafik dari kedua persamaan. Metode substitusi
Hal
ini dilakukan dengan cara memasukkan atau mengganti salah satu variabel dengan
variabel dari persamaan kedua.
Jadi, penyelesaiannya x
= 2 dan y = 2
2. Metode substitusi
Hal
ini dilakukan dengan cara memasukkan atau mengganti salah satu variabel dengan
variabel dari persamaan kedua.
3. Metode eliminasi
Caranya sebagai berikut :
a.
Menyamakan salah satu koefisien
dan pasangan suku dua persamaan bilangan yang sesuai.
b. Jika tanda pasanganan suku sama, kedua
persamaan di kurangkan.
Jika tanda
pasangan suku berbeda, kedua suku persamaan ditambahkan
III.
Metode Pembelajaran
ekspositori, tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas.
IV. Sumber Pembelajaran
- Buku paket, yaitu buku Matematika Kelas VIII Semester 1.
- Buku referensi lain.
- Internet.
V. Langkah-langkah Pembelajaran
A. Pertemuan pertama (Waktu : 2 x 40 menit)
1.
Pendahuluan (10 menit)
a.
Apersepsi : 1.
Guru mengabsen siswa
2.
Siswa berdoa bersama
b.
Memotivasi :
à Guru menyampaikan langkah-langkah pembelajaran
à Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
à Apabila konsep dari materi yang
dipelajari dapat dipahami, maka siswa
dapat mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari.
2.
Kegiatan Inti (60 menit)
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Eksplorasi
1. Guru memberikan stimulus berupa
pemberian materi mengenai PLDV dan SPLDV
2. Guru Menjelaskan dan mendiskusikan
tentang perbedaan PLDV dan SPLDV
Elaborasi
1. Guru membagi siswa menjadi
beberapa kelompok dan memberikan materi diskusi.
2. Guru memberikan latihan
berdasarkan hasil diskusi tersebut.
Konfirmasi
Guru memeriksa latihan siswa, dan meluruskan jawaban siswa bila ada yang
salah.
|
Eksplorasi
1. Siswa merespon stimulus dengan
mendengarkan dan menyimak materi dari guru
2. Siswa mendengarkan penjelasan
materi oleh guru, dan ikut berdiskusi bersama.
Elaborasi
1. Siswa berkelompok dan
mendiskusikan tentang perbedaan PLDV
dan SPLDV
2. Siswa mengerjakan latihan
perorangan.
Konfirmasi
Siswa memeriksa kembali jawabannya
|
3.
Kegiatan penutup (10 menit)
a. Guru ataupun siswa menyimpulkan atau membuat kesimpulan tentang
materi yang telah dipelajari
b. Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk
pembelajaran.
c. Siswa diberikan pekerjaan rumah (PR) dari soal-soal “Kompetensi Berkembang
Melalui Latihan” dalam buku
paket yang belum terselesaikan/dibahas di kelas
B. Pertemuan kedua (
Waktu: 2 x 40 menit )
1.
Pendahuluan ( 10 menit )
a.
Apersepsi : 1.
Guru mengabsen siswa
2.
Siswa berdoa bersama
b.
Memotivasi :
à Guru menyampaikan langkah-langkah pembelajaran
à Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
à Apabila konsep dari materi yang
dipelajari dapat dipahami, maka siswa
dapat mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari.
2.
Kegiatan Inti (60 menit )
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Eksplorasi
1. Guru memberikan stimulus berupa
pemberian materi tentang pengenalan SPLDV dalam berbagai bentuk dan variable.
2. Guru Menjelaskan dan mendiskusikan
tentang SPLDV dalam berbagai bentuk dan variable.
Elaborasi
1. Guru membagi siswa menjadi
beberapa kelompok dan memberikan materi diskusi.
2. Guru memberikan latihan
berdasarkan hasil diskusi tersebut.
Konfirmasi
Guru memeriksa latihan siswa, dan meluruskan jawaban siswa bila ada yang
salah.
|
Eksplorasi
1. Siswa merespon stimulus dengan mendengarkan
dan menyimak materi dari guru
2. Siswa mendengarkan penjelasan
materi oleh guru, dan ikut berdiskusi bersama..
Elaborasi
1. Siswa berkelompok dan
mendiskusikan tentang SPLDV dalam berbagai bentuk dan variable.
2. Siswa mengerjakan latihan perorangan.
Konfirmasi
Siswa memeriksa
kembali jawabannya
|
3.
Kegiatan penutup (10 menit)
a. Guru ataupun siswa menyimpulkan atau membuat kesimpulan tentang
materi yang telah dipelajari
b. Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk
pembelajaran.
c. Siswa diberikan pekerjaan rumah (PR) dari soal-soal “Kompetensi Berkembang
Melalui Latihan” dalam buku
paket yang belum terselesaikan/dibahas di kelas
C. Pertemuan ketiga (
Waktu: 2 x 40 menit )
1. Pendahuluan
( 10 menit )
a.
Apersepsi : 1.
Guru mengabsen siswa
2.
Siswa berdoa bersama
b.Memotivasi :
à Guru menyampaikan langkah-langkah pembelajaran
à Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
à Apabila konsep dari materi yang dipelajari dapat dipahami, maka
siswa dapat mengaitkan dengan
kehidupan sehari-hari.
2. Kegiatan Inti (60 menit )
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Eksplorasi.
1. Guru memberikan stimulus berupa
pemberian materi tentang cara menentukan akar SPLDV dengan metode grafik.
2. Guru Menjelaskan dan mendiskusikan
tentang cara menentukan SPLDV dengan metode grafik.
Elaborasi
1.
Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok dan memberikan materi diskusi.
2.
Guru memberikan latihan berdasarkan hasil diskusi tersebut.
Konfirmasi
Guru memeriksa latihan siswa, dan meluruskan jawaban siswa bila ada yang
salah.
|
Eksplorasi
1. Siswa merespon stimulus dengan
mendengarkan dan menyimak materi dari guru
2. Siswa mendengarkan penjelasan
materi oleh guru, dan ikut berdiskusi bersama.
Elaborasi
1. Siswa berkelompok dan
mendiskusikan tentang menentukan akar SPLDV dengan metode grafik.
2. Siswa mengerjakan latihan
perorangan.
Konfirmasi
Siswa memeriksa
kembali jawabannya
|
3. Kegiatan penutup (10 menit)
a. Guru ataupun siswa menyimpulkan atau membuat kesimpulan tentang
materi yang telah dipelajari
b. Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk
pembelajaran.
c. Siswa diberikan
pekerjaan rumah (PR) dari soal-soal “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan” dalam buku paket yang belum
terselesaikan/dibahas di kelas
D. Pertemuan keempat (
Waktu: 2 x 40 menit )
1.
Pendahuluan ( 10 menit )
a. Apersepsi : 1. Guru mengabsen siswa
2.
Siswa berdoa bersama
b. Memotivasi :
à Guru menyampaikan langkah-langkah pembelajaran
à Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
à Apabila konsep dari materi yang dipelajari dapat dipahami, maka
siswa dapat mengaitkan dengan
kehidupan sehari-hari.
2.
Kegiatan Inti (60 menit )
Kegiatan guru
|
Kegiatan siswa
|
Eksplorasi
1. Guru memberikan stimulus berupa
pemberian materi tentang cara menentukan akar SPLDV dengan metode eliminasi dan substitusi.
2. Guru Menjelaskan dan mendiskusikan
tentang cara menentukan akar SPLDV dengan metode eliminasi dan substitusi.
Elaborasi
1. Guru membagi siswa menjadi beberapa
kelompok dan memberikan materi diskusi.
2. Guru memberikan latihan
berdasarkan hasil diskusi tersebut.
Konfirmasi
Guru memeriksa latihan siswa, dan meluruskan
jawaban siswa bila ada yang salah
|
Eksplorasi
1. Siswa merespon stimulus dengan
mendengarkan dan menyimak materi dari guru.
2. Siswa mendengarkan penjelasan
materi oleh guru, dan ikut berdiskusi bersama.
Elaborasi
1. Siswa berkelompok dan
mendiskusikan tentang menentukan akar
SPLDV dengan metode eliminasi dan substitusi.
2. Siswa mengerjakan latihan
perorangan.
Konfirmasi
Siswa memeriksa
kembali jawabannya
|
3.
Kegiatan Penutup ( 10 menit )
a. Guru ataupun siswa menyimpulkan atau membuat kesimpulan tentang
materi yang telah dipelajari
b. Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk
pembelajaran
c. Siswa diberikan pekerjaan rumah (PR) dari soal-soal “Kompetensi Berkembang
Melalui Latihan” dalam buku
paket yang belum terselesaikan/dibahas di kelas
VI. Penilaian Hasil
Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
|
· Menyebutkan
perbedaan PLDV dan SPLDV
·
Menjelaskan SPLDV dalam berbagai bentuk dan
variabel
· Menentukan akar
SPLDV dengan substitusi dan eliminasi
|
Tes
lisan
Tes
tertulis
Tes
tertulis
|
Uraian
Isian singkat
Uraian
|
· Perhatikan bentuk 4x + 2 y = 2
x – 2y = 4
a. Apakah
merupakan sistem
persamaan?
b. Ada
berapa variabel?
c. Apa
variabelnya?
d. Disebut apakah bentuk tersebut?
(bobot 25)
· Manakah yang merupakan
SPLDV?
a.
4x + 2y = 2
x
– 2y = 4
b.
4x + 2y ≤ 2
x – 2y = 4
c. 4x + 2y > 2
x – 2y = 4
d.
4x + 2y – 2 = 0
x – 2y – 4 = 0
( bobot 35 )
· Selesaikan SPLDV berikut
ini:
3x – 2y = -1
-x + 3y = 12
(bobot 40 )
|
Mengetahui,
Kepala SMP …………….
(
....................................................... )
NIP:…………..……………….
|
|
........., ......,
............... 20...
Guru Mapel Matematika.
( .........................................
)
NIP:…….…………….
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
I.
Identitas pendidikan
Satuan pendidikan :
SMP
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas : VIII (Delapan)
Semester : 1
(Satu)
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran (1 pertemuan).
Standar Kompetensi : 2.Memahami sistem persamaan linear dua variabel dan menggunakannya dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar : 2.2.Membuat model matematika dari masalah yang
berkaitan dengan sistem
persamaan linear dua variabel (SPLDV).
Indikator :
Membuat model matematika dari
masalah sehari-hari yang berkaitan dengan SPLDV.
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa
dapat membuat model matematika dari masalah sehari-hari yang berkaitan dengan
SPLDV.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat
dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung
jawab ( responsibility )
II.
Materi Ajar
Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan SPLDV. Dalam kehidupan sehari-hari, banyak
sekali permasalahan-permasalahan yang dapat dipecahkan menggunakan SPLDV. Pada
umumnya, permasalahan tersebut berkaitan dengan masalah aritmetika sosial.
Misalnya, menentukan harga satuan barang, menentukan panjang atau lebar
sebidang tanah, dan lain sebagainya.
III.
Metode Pembelajaran
ekspositori, tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas.
IV.
Sumber pembelajaran
a. Buku paket, yaitu buku matematika untuk kelas
VIII semester I
b. Buku referensi lain.
c. Internet.
V.
Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pendahuluan ( 10 menit )
a. Apersepsi : 1. Guru mengabsen siswa
2. Siswa berdoa bersama
b. Memotivasi
à Guru menyampaikan langkah-langkah pembelajaran
à Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
à Apabila konsep dari materi yang dipelajari dapat dipahami, maka
siswa dapat mengaitkan dengan
kehidupan sehari-hari.
2.
Kegiatan inti ( 60 menit )
Kegiatan guru
|
Kegiatan siswa
|
Eksplorasi
1. Guru memberikan stimulus berupa
pemberian materi untuk membuat model matematika dari masalah yang berkaitan
dengan sistem persamaan linear
dua variabel (SPLDV).
2. Guru Menjelaskan dan mendiskusikan
tentang pembuatan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel
(SPLDV).
Elaborasi
1. Guru membagi siswa menjadi
beberapa kelompok dan memberikan materi diskusi.
2. Guru memberikan latihan
berdasarkan hasil diskusi tersebut
Konfirmasi
Guru memeriksa latihan siswa, dan meluruskan
jawaban siswa bila ada yang salah
|
Eksplorasi
1. Siswa merespon stimulus dengan
mendengarkan dan menyimak materi dari guru.
2. Siswa mendengarkan penjelasan
materi oleh guru, dan ikut berdiskusi bersama.
Elaborasi
1. Siswa berkelompok dan
mendiskusikan tentang pembuatan model matematika dari masalah yang
berkaitan dengan sistem
persamaan linear dua variabel (SPLDV).
2. Siswa mengerjakan latihan
perorangan.
Konfirmasi
Siswa memeriksa kembali
jawabannya
|
3. Kegiatan penutup ( 10 menit )
a. Guru ataupun siswa
menyimpulkan atau membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari
b. Guru merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran
c. Siswa diberikan pekerjaan rumah (PR) dari soal-soal
“Kompetensi Berkembang Melalui Latihan” dalam buku paket yang belum terselesaikan/dibahas di kelas
VI.
Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
|
· Membuat model
matematika dari masalah sehari-hari yang berkaitan dengan SPLDV
|
Tes
tertulis
|
Uraian
|
1.
Harga 4 pensil dan 5 buku tulis Rp19 000,00 sedangkan harga 3 pensil
dan 4 buku tulis Rp15 000,00. Tulislah model matematikanya. ( bobot 50 )
2.
Keliling persegi panjang adalah 30 cm dan panjangnya
6 cm lebih panjang dari lebarnya. Tulislah model matematikanya
( bobot 50 )
|
Mengetahui,
Kepala SMP …………….
( .......................................................
)
NIP:…………..……………….
|
|
........., ......,
............... 20...
Guru Mapel Matematika.
(
........................................ )
NIP:…….…………….
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar